Apa itu Teater?

Pementasan teater modern

Di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terkadang terdapat pembelajaran yang menarik dan bersifat seni. Pembelajaran tersebut diantaranya drama, drama menyajikan penampilan dalam bentuk seni peran. Seni peran sangat identik dengan akting atau tindakan. Tindakan yang dimaksud adalah tindakan yang dilakukan dalam keadaan pura-pura namun tampak nyata dalam penampilannya. Apabila kita membahas tentang drama tentu tidak lepas dari induknya yaitu teater.
Teater merupakan istilah umum dalam sebuah seni peran. Istilah teater berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata Teatron yang berarti pertunjukan, sehingga dalam artian umum teater berarti pertunjukan. Pada perkembangannya teater terbagi menjadi dua, yaitu teater tradisional dan teater modern.

Penampilan Mamanda di TVRI Kalimantan Selatan (tradisional)

Teater tradisional cenderung bersifat kedaerahan dalam suatu wilayah tertentu, sebagai contoh di Indonesia banyak jenis teater tradisional seperti ludruk, ketoprak,mamanda dan masih banyak lagi yang lainnya. Teater tradisional memiliki warna dan masa sendiri. Dalam setiap penampilannya teater tradisional bersifat tradisi dan tidak terpengaruh waktu.

Pementasan Visualisasi Cerpen (semi realis)

Teater modern bersifat baru dan membawa nuansa masa sekarang. Teater modern terbagi menjadi tiga jenis yaitu teater kontemporer, semi realis, dan realis. Teater kontemporer bersifat abstrak dan memerlukan pemahaman lebih tajam dalam menafsirkan penampilannya. Para pemain kadang melakukan peran-peran aneh dan tidak lazim di dunia nyata. Teater semi realis bersifat semi atau diantara kontemporer dan realis. Dalam penampilannya cenderung lebih mudah dipahami karena pemeranan bersifat nyata namun masih aneh dalam kenyataan misalnya dari latar tampilan yang tidak lazim dan dari segi tokoh dalam pemeranan yang tidak nyata namun memiliki sifat nyata. Teater realis bersifat nyata dan sangat jelas dalam penyajiannya. Para pemainnya sangat dekat dalam dunia nyata dan polemiknya bersifat nyata serta masuk akal.
Demikianlah sedikit tentang teater yang saya ketahui, semoga berguna.

About these ads

About Rudiansyah

Seorang guru sekolah dasar yang berusaha membingkai kata dalam bahasa dan menyingkap tabir makna yang tersurat pada alam maya

Posted on 22 September 2011, in Berita, Drama, Kelas V Semester 2, Pendidikan, Sastra, Seni. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 422 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: