Pusat Sumber Belajar (PSB)

Pada hari kedua pelaksanaan workshop tutor KKG SD/MI bidang studi Bahasa Indonesia berbasis IT Propinsi Kalimantan Selatan tahun 2012 tanggal 16 Maret 2012. Narasumber dari BTIKP Kalimantan Selatan mengulas tentang PSB. Apa itu PSB? PSB ini bukanlah Penerimaan Siswa Baru, namun PSB yang dimaksud adalah program sistem pendidikan yang berbasis intranet. Jadi server yang digunakan adalah jaringan lokal dan tidak internet.

Server intranet dapat ditangkap melalui wireless yang ada di lap top, berikut langkah-langkah memasuki PSB.

Aktifkan wirelessnya

Langkah pertama, aktifkan wireless terlebih dulu, tunggu hingga connect dengan jaringan yang ada berupa PSB 1 atau PSB 2, tergantung server yang ada (intranet),

Buka link flock, mozila fox, opera mini atau google chrome

Buka link flock, mozila fox, opera mini atau google chrome, kemudian masukan www.psbkalsel.com pada pencarian. Tunggu hingga terhubung.

Halaman depan PSB

Jika terhubung maka anda akan memasuki halaman depan PSB, dan tinggal pilih tingkat sekolah yang diinginkan SD, SMP, SMA, atau SMK. Klik gambar topi yang sesuai dengan tingkatan sekolah, tunggu hingga terhubung.

Anda telah memasuki PSB

Jika telah mengklik salah satu tingkatan sekolah yang ada, maka anda telah memasuki PSB, dan di sana terdapat hal-hal yang sangat membantu dalam pembelajaran bagi guru dan siswa. Fitur yang ada di halaman depan PSB berupa tampilan beranda, sekolah, fitur, bahan ajar, media belajar, materi dan RPP, serta virtual class atau kelas maya. Maka guru dapat menyiapkan segalanya dengan mengunggah atau membuat dokumen atau file untuk mengisi pada PSB tersebut. Sehingga dengan PSB ini diharapkan akan memudahkan guru dan siswa dalam belajar dengan berbagai kecanggihannya, serta guru hanya menyiapkan komputer/ laptop dalam belajar, karena materi dan hal-hal yang berhubungan dalam pembelajaran telah disiapkan dan tersimpan di PSB. Hal yang tak kalah canggihnya dari karya anak muda Kalimantan Selatan ini adalah terdapat virtual class atau kelas maya. Apa itu kelas maya pada PSB? Akan kita bahas pada tulisan berikutnya. Di bawah ini beberapa foto pada pelaksanaan workshop.

Peserta dengan antusiasnya mengikuti workshop

Penulis pun ikut aktif dalam mengikuti workshop

Workshop dijadikan sarana silaturrahim antar guru se-Kalimantan Selatan

About these ads

About Rudiansyah

Seorang guru sekolah dasar yang berusaha membingkai kata dalam bahasa dan menyingkap tabir makna yang tersurat pada alam maya

Posted on 17 Maret 2012, in Berita, Pendidikan. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Pokoke top markotop untuk “Oemar Bakri”yang satu ini, guru kreatif, aktor, Mc,seniman & calon budayawan yang tulus ihlas dalam mengabdi untuk pendidikan, seni dan kebudayaan. maju terus Coiiiiiii………….!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 405 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: