Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012

Payung hukum tentang pengangkatan honorer selama ini berada dalam PP Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan CPNS yang diubah dengan keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2007 yang mengatur mengenai ketentuan pengangkatan tenaga honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dilakukan secara bertahap mulai Tahun Anggaran 2005 dan paling lambat selesai Tahun Anggaran 2009. Namun, sebuah angin segar bagi rekan honorer yang tidak terjaring pada tahun di atas dengan munculnya sebuah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 56 tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 Tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Hal ini tidak begitu saja berlaku tanpa ketentuan yang mendasar. Syarat dan ketentuan yang diatur pada PP No.56 Tahun 2012 diantaranya mengenai umur maksimal 46 tahun dan masa kerja minimal 1 tahun terhitung mulai tanggal 01 Januari 2006. Hal ini diatur berdasarkan Pasal 5 yang menyatakan:

Tenaga ahli tertentu/khusus yang dibutuhkan oleh negara tetapi tidak tersedia di kalangan Pegawai Negeri Sipil dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil dengan kriteria:

a. usia paling tinggi 46 (empat puluh enam) tahun; dan

b. telah mengabdi kepada negara sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun pada 1 Januari 2006”.

Selain itu, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah tentang sistem penggajian, seperti yang tercantum pada Pasal 6

(1). Pengangkatan tenaga honorer yang penghasilannya dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil berdasarkan Peraturan Pemerintah ini dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan negara mulai formasi Tahun Anggaran 2005 sampai dengan formasi Tahun Anggaran 2012”.

Tentu hal ini bertolak belakang dengan keadaan di lapangan, karena notabennya guru honorer umumnya memiliki sistem penggajian dan memiliki SK hanya dari sekolah. Namun, ayat 3 menyatakan “Tenaga honorer yang bekerja pada instansi pemerintah dan penghasilannya tidak dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan negara berdasarkan formasi sampai dengan Tahun Anggaran 2014”. Semoga hal ini sedikit membuat lega bagi guru-guru honorer sekolah.

Sistem pengangkatannya harus melalui pemeriksaan kelengkapan administrasi dan lulus seleksi ujian tertulis kompetensi dasar dan kompetensi bidang sesama tenaga honorer .Penetapan kelulusannya ditetapkan berdasarkan nilai ambang batas kelulusan (passing grade) yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendayagunaan aparatur negara atas pertimbangan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan dengan memperhatikan pendapat dari konsorsium Perguruan Tinggi Negeri. Tenaga honorer yang dinyatakan lulus ujian tertulis kompetensi dasar dilakukan tes kompetensi bidang (profesi) dengan mempertimbangkan dedikasi ditetapkan oleh masing-masing instansi berdasarkan materi ujian dari instansi pembina jabatan fungsional. Namun semua ini hanya berlaku berdasarkan jumlah dan kualifikasi formasi sampai dengan Tahun Anggaran 2014.

Semoga informasi ini menjadi angin segar bagi tenaga honorer bidang tenaga pendidik atau pun tenaga kependidikan.

 Berikut PP Nomor 56 Tahun 2012, silakan klik PP Nomor 56 Tahun 2012

About these ads

Tentang Rudiansyah

Seorang guru sekolah dasar yang berusaha membingkai kata dalam bahasa dan menyingkap tabir makna yang tersurat pada alam maya

Posted on 12 Juni 2012, in Berita, Opini, Pendidikan, PGRI. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 334 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: