Kehilangan Momentum Pengumuman Guru Berprestasi Kota Banjarbaru Tahun 2013

IMG01598-20130325-0837

BANJARBARU-Pemilihan guru berprestasi Kota Banjarbaru sudah dilaksanakan pada tanggal 25-27 Maret 2013 dan sudah ditentukan para pemenangnya. Untuk pengumuman Guru Berprestasi Kota Banjarbaru Tahun 2013 sebenarnya direncanakan akan diumumkan pada malam puncak Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-14 atau pada Hari Pendidikan Nasional Tahun 2013. Pada malam puncak Hari Jadi Kota  Banjarbaru yang diselenggarakan pada tanggal 20 April 2013 di depan Balai Kota Banjarbaru, ternyata pengumuman guru berprestasi tersebut juga masih belum dapat disampaikan karena alasan teknis dari panitia yang tidak dapat menyiapkan dalam jangka waktu dekat.

Sayangnya pengumuman guru berprestasi pada Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2013 juga harus ditunda. Terlebih hal yang mengecewakan adalah informasi ini tidak didapatkan secara jelas, namun hanya didapatkan dari sebuah kesimpulan yang tersirat karena para pemenang tidak dipanggil pada saat upacara. Pada Hari Pendidikan Nasional justru diumumkan tentang pemenang lomba master of ceremony (MC) dan lomba penyusunan naskah pidato oleh SKPD di Kota Banjarbaru. Belum diketahui secara jelas mengapa pengumuman ini  terus berlarut-larut tanpa ada kejelasan kapan untuk diumumkan.

Dari semua itu, hal yang sangat disayangkan adalah kesiapan segala pihak yang terkait pelaksanaan guru berprestasi Kota Banjarbaru tahun ini adalah tidak adanya langkah yang jelas, dan program yang nyata seperti perihal pengumuman ini yang telah kehilangan momentumnya. Pelaksanaan pemilihan guru berprestasi sudah hampir 2 bulan yang lalu, namun pengumumannya masih belum dapat dilaksanakan. Apakah ini merupakan indikasi penghormatan kepada guru? Karena begitu saja menghilangkan momentum waktu yang tepat untuk pengumuman pemilihan guru berprestasi dan beranggapan seakan-akan pengumuman dapat dilakukan kapan saja. Padahal berkaca dari pengumuman pemilihan guru berprestasi pada tahun-tahunn sebelumnya, pengumuman pemilihan guru berprestasi sudah menjadi ritual dilaksanakan pada saat Hari Jadi Kota Banjarbaru atau pada Hari Pendidikan Nasional.

Ada apa pada pemilihan guru berprestasi Kota Banjarbaru tahun ini? Jika hal ini tidak diantisipasi dengan baik, maka akan menimbulkan kesan ketidakseriusan pada kegiatan ini dan justru menimbulkan kekurangpercayaan guru pada pelaksanaan kegiatan ini. Akibatnya maka pelaksanaan guru berprestasi akan terkesan membuang waktu begitu saja karena usaha peserta dengan menyiapkan persiapan yang tidak sedikit menyita waktu, tenaga, dan pikiran untuk melengkapi berbagai persyaratan yang harus dipenuhi seperti portofolio, penilaian pengawas, karya tulis, presentasi, dan tes tertulis serta lisan tampaknya tidak mendapatkan perhatian yang lebih, bahkan cenderung kurang diperhatikan dan hanya dianggap sebagai kegiatan tahunan yang harus dilaksanakan karena akan dilombakan pada tingkat propinsi. Semoga tidak begitu.

Tulisan lainnya:

About these ads

About Rudiansyah

Seorang guru sekolah dasar yang berusaha membingkai kata dalam bahasa dan menyingkap tabir makna yang tersurat pada alam maya

Posted on 4 Mei 2013, in Berita, Opini, Pendidikan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 412 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: